Friday, May 9, 2014

Di Jepang, Seragam Sekolah Wajib Pakai Rok Mini


Sekolah yg wajib memakai rok mini

Jepang Negara matahari terbit yang terkenal sebagai negara yg maju, dan juga terkenal dengan seragam sekolah-nya yang unik..

mimin kemarin lihat-lihat dan tanya-tanya , kenapa kok di jepang harus wajib pakai rok mini?
kok bisa gitu :D..
Mungkin udah pada tau, kalo Negeri Sakura ini dikenal dengan para siswi yang memakai rok pendek di atas lutut (pendek bingit ya :D).

Lain lagi dengan di Indonesia, siswi yang memakai rok pendek itu sebagian besar melanggar peraturan , ya kan? Nah, kalau di Jepang, memakai rok pendek itu adalah sebuah peraturan. (nah kan!) bahkan konon katanya di jepang rok seorang siswi harus 17-22 cm di atas lutut.
Dan juga ada kabar yang menyebutkan di jepang siswi gak boleh pake celana daleman, walaupun musim dingin sekalipun. (waduh)..
wah gak kebayang ya , udah rok sangat pendek , gak pakai daleman lagi.. gimana kalo diterapkan di Indonesia ya? bakal di penthung tuh :D

Nih kita lihat, gambar siswi-siswi jepang.. roknya pendek kan?
di jepang rok seorang siswi harus 17-22 cm di atas lutut.



Nih bedanya sama siswi-siswi Indonesia :D , jauh banget



Di Indonesia seragam ceweknya lengan pendek tanpa tutupan blazer, roknya selutut dan kaos kakinya tergantung selera pendek atau panjang. Kalau di Jepang seragam ceweknya lengan pendek atau panjang ditutup dengan blazer, roknya pendek sekali 17-22 cm di atas lutut dengan kaos kaki panjang. Waw sekali kan?

Pernah kebayang tidak, mengapa seragam sekolah di Indonesia dan di Jepang beda sekali terutama untuk rok? Jawabannya adalah supaya sejuk ketika ditiup angin dan kalo bergerak biar bebas :v . Hahaha loh?. Salah besar kali!. Ternyata peraturan rok seifuku ini ada sejarahnya lho yuk kita cekidot

Dahulu kala seragam di Jepang tidak seperti saat ini, tapi hampir miriplah panjangnya seperti negara Indonesia, yakni dengan atasan (kemeja) lengan pendek dengan rok dibawah lutut.

Zaman dahulu banget, anak putri Jepang mengenakan kimono saat pergi ke sekolah yang sudah pasti sangat menyusahkan gerak-gerik mereka dalam beraktifitas apalagi saat olahraga. Kemudian munculah ide cemerlang dari Kepala Sekolah Fukuoka jo Gakuin, Ibu Elizabeth Lee, yang teringat akan model seragam yang dipakinya saat belajar di Inggris, yakni pakaian sailor atau pelaut.Pada tahun 1918, ibu Elizabeth menghendaki seorang penjahit di Oota Toyokichi untuk menjahitkan pakaian atasan seragam anak-anak putri. namun pakaian sailor itu nyatanya robek saat digunakan berolah raga, maka ibu Elizabeth merekomendasikan supaya dipasang resleting dibagian kiri/kanan pakaian dari arah ketiak.


Rok mini jepang

Namun kelihatannya resleting ini tidak lazim dikenakan. hambatan setelah itu gerakan anak-anak tetap terhalang dikarenakan rok yang mereka gunakan tetap berupa lurus panjang.

Ibu Elizabeth lalu datang kembali ke penjahit serta menjelaskan supaya dibikin rok yang meringankan anak-anak bergerak.

Penjahit memperoleh ide bikin rok berlipit-lipit sesudah lihat gorden yang tertiup angin yang praktis serta bisa kembali ke bentuk awal jika tertiup angin.
Maka selanjutnya dibuatlah rok lipit-lipit.

Pada tahun 1921, pertama kali penggunaan seragam sailor di Jepang. pada tahun yang sama, sekolah Kinjou Gakuin di Aichi juga mengambil keputusan menggunakan seragam sailor.

Yang kemudian diikuti oleh seluruh sekolah Jepang hingga sekarang . Nah sekarang sudah tahu kan sejarah kenapa rok sekolah di Jepang mini?

4 comments:

  1. Gw bayangin min kalo disekolah gw diterapin gitu :D

    ReplyDelete
  2. soal rok mini wajib di sekolah jepang itu keliru.
    penjelasannya disini rok sekolah jepang wajib diatas lutut, benarkah?

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing.. Butuh bahan kain seragam berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete